Minggu, 21 Juni 2015

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

1.  Periksalah nilai sejati anda
Jadilah pengagum setia diri anda, pendukung yang selalu mendorong diri anda jika sedang kurang bersemangat. Tampillah setiap hari dengan tampilan terbaik anda, jika anda mengagumi dan menghargai diri anda maka orang lain akan melakukan hal yang sama, namun jika anda mulai menjelek-jelekkan diri anda maka perlakuan serupa akan anda terima dari orang lain. Yakinkan diri anda bahwa anda unik sebagai karya agung dari sang pencipta.
2. Jangan membandingkan dengan orang lain
Dalam hal perbandingan, kita tidak akan menemukan perbandingan yang sama. Jika kita menemukan orang yang lebih baik di atas kita, maka kita akan merasa rendah diri dan tidak mampu memaksimalkan potensi terbaik kita. Namun jika kita menemukan orang yang lebih buruk dari kita, kita akan merasa angkuh dan sombong. Jadi jangan mengukur kesuksesan anda dengan kesuksesan orang lain, karena kesuksesan dan kebahagiaan anda adalah milik pribadi anda.
3.  Memprogram ulang Pikiran Anda
Setiap prestasi yang telah kita raih adalah hasil dari pikiran dan tindakan masa lalu kita. Jika anda menginginkan hasil yang berbeda, maka anda harus mengubah pikiran dan tindakan anda saat ini untuk mendapatkan hasil berbeda kedepannya. Sikap dan tindakan seseorang dapat berubah seiring dengan informasi-informasi baru yang diterima oleh pikirannya.
4.  Menciptakan Lingkungan yang Positive
Semua hal yang terjadi di dunia ini bergantung bagaimana anda memberikan arti kepadanya. Dengan memberikan arti, kita dapat menciptakan kekuatan ataupun kehancuran bagi diri kita. Tak seorangpun mampu membuat diri kita rendah diri tanpa seizin kita. Jangan biarkan seorangpun memberi label mengenai kita, kitalah yang memegang penuh tanggung jawab pembentukan citra diri.
5.  Ingatlah Kesuksesan Masa Lalu Anda
Kesuksesan masa lalu adalah bukti kesuksesan yang kuat. Temukanlah kesuksesan masa lalu anda, tidak peduli besar ataupun kecil, kesuksesan yang dapat membuat anda bangga dan gunakanlah kesuksesan ini sebagai batu loncatan untuk meraih kesuksesan berikutnya. Motto : jika anda pernah berhasil, maka anda pasti bisa meraih keberhasilan berikutnya.
6.  Berbicara Positive pada Diri Anda Sendiri
Positive self-talk, inilah motivasi yang sering digunakan para juara. Ada 2 jenis positive self-talk. Yang pertama ialah buatan yang diciptakan dirinya sendiri, misalnya : saya pasti bisa ! saya yang terbaik ! sayalah sang juara !. yang kedua yang bahkan jauh lebih dahsyat ialah yang berasal dari dalam diri kita, yakni dengan mengingat keberhasilan masa lalu dan kebahagiaan kita menjalani hidup ini.
7. Bahasa Tubuh yang Baik
Bahasa tubuh menceritakan sesuatu. Berdiri tegak, mata lurus kedepan akan membuat kesan positif pada orang lain dan akan langsung merasa percaya diri.
8. Bersyukur
Bila anda terlalu fokus pada apa yang anda inginkan, pikiran akan membuat sejuta alasan mengapa anda tidak bisa memilikinya dan ini akan membuat anda memikirkan kelemahan anda. Maka dari itu, fokuskan pikiran anda pada rasa syukur. Bersyukurlah…..
9. Duduk di Barisan Depan
Dalam acara apapun, di majelis manapun, duduklah di bagian depan, secara otomatis anda bisa melawan rasa ketakutan dan membangun kepercayaan diri. Anda juga akan terlihat oleh orang-orang yang penting yang berpidato di podium. Orang yang memilih duduk di belakang karena mereka kurang percaya diri.
10.           Bicaralah di Depan Publik
Dalam forum banyak orang yang tidak pernah berbicara dan mengemukakan pendapat karena takut dihakimi mengatakan sesuatu yang bodoh. Faktanya tidaklah seperti itu, itu hanyalah pikiran yang timbul akibat rasa ketakutan. Cobalah untuk berani berbicara di depan public. Ini akan menjadi bekal kepercayaan diri anda.
11.             Kenali Rasa Ketidaknyamanan Anda
Anda dapat menuliskan rasa ketidaknyamanan anda pada selembar kertas, jika tidak cukup anda bisa membicarakannya dengan teman dekat atau orang yang anda cintai. Membagi pikiran akan meringankan beban yang akan anda tanggung sendiri.
12.            Berpakaian Rapi
Pakaian menunjukkan diri seseorang, dan merubah cara berpikir kita tentang diri sendiri. Jika kita berpakaian tidak bagus maka akan membuat pikiran kita tidak bagus juga, dan ini akan merubah cara anda membawa diri dan berinteraksi dengan orang lain.
13.             Berjalan dengan Cepat
Gaya berjalan sangat menunjukkan bagaimana diri anda. Gaya berjalan yang cepat membuat anda terlihat dan lebih merasa penting.
14.            Berikan Pujian kepada Orang Lain
Ketika berpikir negative tentang diri kita, terkadng kita juga melakukan hal yang sama pada orang lain. Berusahalah memberikan pujian kepada orang-orang di sekitar anda sehingga anda akan disukai dan dapat membangun rasa kepercayaan diri.
15.            Bergaul dengan Banyak Orang
Jika bergaul dengan banyak orang, maka akan menambah wawasan kita. Kita pun dapat mengintropeksi diri kita, dan hilangkan berpikir negative terhadap orang karna ini akan merusak pikiran positif kita dan akan membuat keburukan moral dan akan membatasi kita pada pergaulan.
16.            Cari Teman yang Baik
Berteman dengan orang yang baik akan membangun pikiran dan citra yang positif. Membangun persahabatan dengan orang-orang yang baik akan mengembangkan rasa percaya diri. Manusia mudah sekali terbentuk wataknya dengan hubungan timbal balik dalam persahabatan.
17.            Ganti Fokus
Orang-orang yang memiliki rasa rendah diri biasanya adalah orang yang berfokus pada diri sendiri. Kerjakan sesuatu yang membuat anda berfokus pada orang lain atau suatu hal.
18.            Bersikap Rileks
Orang yang bersikap rileks biasanya lebih sedikit mengalami masalah dengan kenangan buruk mereka dan mengikuti alur kehidupan.
19.            Jangan Malu Mengingat Nama
Jika anda lupa nama seseorang, jangan malu untuk mengingatnya, akuilah bahwa anda lupa namanya dan tepukkan telapak tangan anda ke kepala dan katakana “maap.. saya memang susah dalam mengingat. Setelah dia mengucapkan namanya, katakana bahwa anda tidak akan melupakan namanya lagi.
20.           Bertindak
Orang yang memiliki rasa percaya diri yang rendah, maka ia hanya akan menjadi penonton. Maka dari itu bertindaklah dan jadilah tokoh utama dalam hidup anda.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar