Kamis, 05 November 2015

Apa itu Doodle?



Doodle ??? apaan tuh??? Saudaranya noodle??? HAHA.... jangan ngaco deh.....  Noodle itu makanan yang keriting-keriting alami gitu loooh.....  yang selalu pakai baju dimanapun dia berada... hahaha..  Lha, trus doodle apaan dong?
Doodle itu dalam bahasa indonesia artinya mencoret. Doodle art itu masuk ke Freehand Art. Pernah nggak gambar-gambar nggak jelas waktu dikelas? waktu guru lagi ngebosenin pas ngajar ??? pasti pernah donk?! Tanpa kita sadari, coret-coretan yang pernah kita buat itu namanya doodle. Doodle sendiri ciri khasnya spontan.
Bentuk asli doodle itu seperti apa sih???
            Hmm... sebenarnya gak ada spesifikasi khusus sih tentang doodle, namanya juga Freehand Art. Kita bisa gambar apa aja, bentuk apa aja, itu tergantung yang buat.
Menurut doodle master Lei Melendres. doodle itu ada tiga type:
1.      Type pertama, Unplanned Doodle: Ini definisi sesungguhnya. Dilakukan secara spontan. Nggak pake sketch terlebih dahulu.

2.      Type kedua, Semi Unplanned Doodle: Maksudnya semi disini, sebelumnya kita menggunakan sketch, tapi hanya sekedar sketch tidak sampai kepada detailnya.

3.      Type Ketiga, Planned Doodle: Nah, kalo yang ini sih, Doodler menyiapkan sketch hingga ke detailnya, supaya lebih terkonsep dan nggak salah-salah kalo buat, dan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan sesuai yang diinginkan.
Nah, untuk menggambar doodle sih tergantung si pembuatnyaa....  untuk alat tulisnya sih bisa apa aja kok, berbagai macam pencil dan berbagai macam pulpen juga sketchbooknya. Pilih aja sesuka dan senyaman kamu menggunakannya.
Kalau bagi aku sih, fungsi doodle itu untuk mengekspressikan perasaan aku, ngabisin waktu kosong aku dari pada bengong aja. Iya nggak??? :D nah, dengan membuat doodle juga bisa menghibur diri, menggambar, mencoret apapun yang ingin kita goreskan. Bisa dibilang doodle itu juga merupakan karya loooh.....  ini nih, ada beberapa contoh doodle yang gue dapat di internet.



 nah, yang ini doodle gue nih, gue gambar spontan tau, sesuai yang gue bilang, bentuk doodle itu gak bisa di spesifikasikan. Trus, mana dong doodle loe????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar